Apresiasi Diri

9-9-21 that was unforgetable moment ever, apresiasi dulu buat diriku sendiri hihi keren banget bisa melewati ini semuađź’—.  Momen pertama kali aku mencoba peruntungan menjadi aparatur sipil negara. Sebenernya ini bukan yang benar-benar pertama kali sih, dulu sewaktu lulus sma juga pernah ingin masuk sekolah kedinasan yakni stan. Setelah melalui beberapa tahapan sempat ikut tesnya juga ya cuma memang belum rezeki ditambah kejadian yang sungguh memilukan dan tragis hahaha ah sudahlah.

Sekarang setelah lulus kuliah ingin juga ikut tes cpns. Alhamdulillah dilancarkan dan dimudahkan, setelah lolos seleksi adminitrasi aku bisa lanjut untuk ikut tes skd cpns 2021. Aku persiapkan semuanya, terutama untuk belajar TWK, TIU, dan TKP secara intens kurang lebih 1-2 bulan. Selain itu, aku juga membeli paket belajar cpns online melalui aplikasi dan rutin mengikuti tryout cpns.

Jujur awalnya aku merasa tidak pede dengan keahlianku dalam berhitung, setiap tryout pasti score nilaiku kurang di TIU. Sempat sedih dan ingin menyerah karna melihat soal-soalnya yang super sulit rasanya ingin menangis setiap mengerjakan saking susahnya haha lebay, memang banyak materi SMA yang kupelajari 3 tahun lalu sudah banyak yang lupa dan kurang paham tapi aku tetap berjuang belajar pagi, siang, sore, malam tak kenal lelah. Sampai kadang adikku yang mengingatkan untuk berhenti belajar dan istirahat. Rasanya takut dan deg degan banget kalo ga lolos passing grade akan mengecewakan semuanya tapi kuandalkan kuasa allah karna aku tau kapasitas otakku, jika memang rezeki pasti aku dapat.

Hari tes pun tiba aku mempersiapkan pakaian juga berkas yang akan dibawa ke BKN pusat. Rasanya campur aduk tapi deg degan sih yang paling mendominasi. Di hari itupun aku masih sibuk belajar memahami dan menghafalkan materi.

Aku tes di sesi 2 itu pukul 11.00 WIB, aku berangkat dari rumah pukul 08.45 WIB  karena trauma takut terlambat karena terjebak macet, ya benar saja macet banget di jalan tapi untungnya sampai dengan tersisa banyak waktu sebelum mulai. Aku baru sempat sarapan roti dan abang gocar sepertinya mobilnya sedikit rusak sehingga tidak mulus dalam mengendarainya membuatku mual dan pusing tujuh keliling. Akhirnya setelah turun, aku coba minum air mineral dan jongkok untung menghilangkan rasa mualnya sebentar di dekat pintu masuk BKN Pusat.

Setelah pusing dan mualnya reda, aku kembali makan roti untuk mengisi perutku, lalu tak lama kemudian aku masuk untuk verifikasi berkas. Berkasku di cek kelengkapannya dan diberikan handsanitizer juga diukur suhu tubuh setelah itu  menuju meja verifikasi untuk didata kehadirannya,walaupun sempat ada kendala di kartu peserta tapi alhamdulillah aku akhirnya bisa masuk ruang tunggu. Di ruang tunggu aku tak berhenti berdzikir dan berdoa untuk sedikit menenangkanku dari kecemasan. 

Akhirnya barisanku sudah bisa masuk ruang ujian. Kami naik lift ke lantai 3 dan langsung masuk ke ruang ujian di sana sudah berjejer rapih komputer yang sangat banyak. Aku duduk di depan paling ujung. Tak lupa aku berdoa sebelum memulai mengerjakan sempat gugup sampai memegang mouse gemeteran dan keringan mengucur begitu deras namun alhamdulillah berhasil lolos passing grade. 

Jujur sempet shock karna bisa lolos passing grade aja tuh kaya udah merasa you did it great seneng banget walaupun nilainya kurang memuaskan. Proud of myself meski belajarnya bentar banget tapi bisa lolos bangga banget lega rasanya. Aku tuh tipikal yangsuka apresiasi diri pokoknya harus beli makanan atau apapun yg aku suka setelah berhasil melewati sesuatu,  soalnya kadang merasa kagum sama diri sendiri apa juga ditrobos aja walaupun merasa insecure tapi tetep gaskeun belajar buat skd haha. Semoga selanjutnya bisa mencapai mimpi-mimpi yang lain, dimudahkan dan dilancarkan dalam segala hal. Semangat berjuang! đź’Ş



Posting Komentar

0 Komentar